Detail Buku

Internal

Data Stewarship: Actionable Guide to Effective data Management and Data Governance, An

Nomor Buku 11458 020
Series PLO
Pengarang Plotkin, David d
Edisi 2
Penerbit Academic press
Kota Terbit India
Tahun Terbit 2021
Subyek Teknologi Informasi
Klas LL - LAIN-LAIN
Klasifikasi 020
ISBN 978-0-12-822132-7
Kolasi xxii, 299 hlm, 23 cm
Kelompok Berjalan
Abstract

Data steward di setiap organisasi merupakan tulang punggung dari implementasi tata kelola data yang sukses karena merekalah yang memastikan data dapat dipercaya, handal, dan berkualitas tinggi. Sejak penerbitan edisi pertama, telah terjadi perkembangan signifikan di bidang ini, seperti mengintegrasikan Data Stewardship ke dalam manajemen proyek, menangani Data Stewardship di perusahaan internasional besar, menangani "big data" dan Data Lakes, serta pergeseran pemikiran terkait cara terbaik menyelaraskan data stewardship dengan data—beralih dari fungsi bisnis/organisasi ke domain data. Selain itu, peran proses dalam data stewardship kini diakui sebagai hal yang penting dan perlu dibahas.

Data Stewardship, Edisi Kedua memberikan saran praktis yang jelas dan ringkas tentang cara mengimplementasikan dan menjalankan data stewardship, termasuk pedoman tentang cara mengorganisasi berdasarkan struktur organisasi/perusahaan, fungsi bisnis, dan kepemilikan data. Buku ini menunjukkan kepada para manajer data bagaimana mendapatkan dukungan untuk upaya stewardship, mempertahankan dukungan tersebut dalam jangka panjang, dan mengukur keberhasilan upaya data stewardship. Buku ini mencakup daftar tanggung jawab yang terperinci untuk setiap jenis data steward serta strategi untuk membantu Kantor Program Tata Kelola Data bekerja secara efektif dengan para data steward.

Poin penting lainnya yang dibahas dalam buku ini antara lain:

  • Bagian yang diperluas tentang struktur tata kelola/data stewardship untuk perusahaan internasional, termasuk struktur istilah bisnis yang memperhitungkan perbedaan antar negara.
  • Keunggulan dan kelemahan "domain data," rincian domain data yang disarankan dan strukturnya, serta tata kelola data berdasarkan domain data.
  • Integrasi tata kelola data dalam metodologi proyek, termasuk definisi peran dalam proyek, penambahan tugas Tata Kelola Data dalam Work Breakdown Structure, serta keunggulan bekerja sama erat dengan Kantor Manajemen Proyek (PMO).
  • Data stewardship dalam implementasi regulasi privasi data nasional dan internasional.
Ulasan

Belum ada ulasan.